Urban farming atau berkebun di kota muncul sebagai jawaban atas kegelisahan masyarakat menyikapi semakin terbatasnya lahan. Diperparah dengan tingkat polusi dan minimnya kawasan hijau membuat kota semakin gersang. Mereka yang masih peduli dengan lingkungan pun mencoba mencari jawaban atas kegelisahan ini.

Kegiatan Urban Farming mencakup kegiatan produksi, distribusi, hingga pemasaran produk-produk pertanian yang dihasilkan. Ini sekaligus memutus rantai distribusi pangan dari petani ke konsumen yang selama ini merugikan banyak pihak.

Tepatnya di perumahan Vida Bekasi, Herman Joseph bersama anak-anak muda usia lainnya dari beberapa daerah, membangun komplek pertanian di lahan terbuka hijau milik perumahan Vida Bekasi. Tak segan-segan, Dia kerap berbagi ilmu tentang tanaman dengan warga perumahan yang memang menjadi sasaran utamanya.

Herman Joseph, satu dari sekian banyak generai petani kota yang sampai saat ini terus menggelorakan semangat urban farming dengan konsep organik. Selain sebagai upaya menyikapi minimnya lahan, urban farming bisa juga menjadi solusi kedaulatan pangan yang menjadi ketahanan nasional.
“Urban farming adalah perilaku. Petani kota adalah pilihan” kata Herman Joseph.